Posted by: Syarat Makna | January 15, 2015

Untai Kata Untuk Aisya

Rabu, 8 Oktober 2014

 Bismillahirrrahmaanirrahim…

Aisya sayang, hari ini abi mendapatkan ilmu dari salah seorang ustad saat abi mengikuti kajian bada dzuhur di masjid dekat kantor. Setiap hari abi selalu berusaha untuk sholat jamaah di masjid. Ya materi dan ilmu yang abi dapat adalah tentang menjadi Orang Tua Yang Hebat, dan setelah mendapat itulah abi mulai menulis ini, menuli tentang diary abi, ummi dengan mu sayang. Diary yang akan menceritakan tentang bagaimana abi dan ummi melalui semuanya bersama aisya.Di awal ini abi ingin menceritakan tentang bagaimana abi dan ummi membersamaimu disaat aisya dalam kandungan, dan fase-fase yang abi dan ummi lalui sampai hari ini..

Ummi yang Hebat

Ya waktu itu abi dan ummi harap harap cemas, apakah ummi sudah hamil atau belum,, karena begitu rindunya abi dan ummi ingin memiliki seorang anak setelah ummi menunda kehamilan selama satu tahun karena ummi harus Sering ke Hutan, ya ke hutan,, karena pada waktu itu ummi masih kuliah di IPB jurusan kehutanan, untuk mengikuti beberapa kegiatan yang mengharuskan ummi di hutan dengan waktu yang lama, dua minggu sampai satu bulan lamanya. Tepat setalah ummi selesai Praktek selama sebulan di hutan, bismillah akhirnya abi dan ummi berikhtiar untuk memiliki seoarang anak, ya… doa yang selalu abi dan ummi ucapkan dan minta kepada Allah adalah agar abi dan ummi dkaruniai seorang anak yang sholeh dan sholehah, yang bisa menjadi penyejuk mata dan menjadi penolong agamanya Allah, menjadi seorang da’i yang senantiasa menyebarkan kebaikan, yang helaan nafasnya menjadi amalan terbaik hidupnya, sehingga akhirat menjadi tempat peristirahatannya yang abadi. Alhamdulillah selang dua minggu atau sebulan (tepatnya abi lupa) ummi hamil, kebahagiaan yang tak tergantikan oleh apapun,, dan waktu itu abi dan ummi sudah menyiapkan banyak nama untuk kelak anak-anak abin dan ummi, ummi menulisnya disebuah kertas, (abi coba cari kertasnya nanti abi foto ya). Dan obrolah abi sama ummi saat itu adalah abi dan ummi mau anak laki-laki atau perempuan?, ummi tanya ke abi, “abi mau laki-laki atau perempuan”, ya jawaban abi biasanya begini, “Abi bagaimana Allah saja, laki-laki atau perempuan, yang penting sehat, dan dikaruniai anak yang sholeh/sholehah, maka setiap abi selesai sholat dan selalu abi ucapkan disaat abi mencium perut ummi, “Robbana hablana minazwaajikan wadzurriyaatina qurrata’ ayun.. wajaalna lilmuttaqiina imaama”. (Abi lanjut makan siang dan kerja dulu ya sayang.. nanti kita sambung lagi).

Oke sayang, mari kita lanjut lagi, ini abi sudah selesai jam kerja, ya sekitar jam 5, biasanya abi pulang jam 05.30 kalau gak ada pekerjaan mendesak, supaya bisa sholat maghrib dulu di stasiun, solanya kalau abi pulang jam 5, maghribnya nanti bisa pas dikereta. Nah.. ini juga pesen abi dan ummi buat aisya ya, jangan sampai telat apalagi meninggalkan sholat ya sayang.. karena sholat adalah amalan pertama yang akan kita pertanggung jawabkan kelak, dan sholat juga merupakan tiang agama, so dimanapun nanti aisya berada, sholat is no 1. Oke.. oh iya sayang, baru saja ummi mengirimkan foto kertas yang isinya nama-nama, tapi disitu gak ada nama aisya ayat alakhras, tadinya namanya deliza ayat alakhras. Ini fotonya sayang

Itu yang ummi temukan hanya untuk nama laki-laki sayang. Jadi lupa abi mau lanjutkan cerita.

 Jadi saat ummi mengandung aisya, ummi sangat hebat, ummi beda dengan yang lainnya, disaat ibu-ibu yang lain hamil biasanya minta ini itu, pengen ini itu, ngidam dan sebagainya, lemes, home sick, de el el, tapi ummi tidak seperti itu, itulah hebatnya ummi dan aisya waktu dikandungan. Walaupun abi sering nanya ummi pengen dibeliin apa, nanti abi belikan. Tapi ummi biasanya pengen di ajak jalan jalan, nah kalau lagi jalan jalan ngeliat buah jambu atau apalah,,, biasanya ummi mau hehe.. Selama hampir 10 bulan ummi mengandung aisya, dan pada saat yang bersamaan ummi harus PKL (Praktek Kerja Lapang) dan juga penelitian untuk skripsi, nah hebat bukan ummi..? ya,, setiap hari ummi dan abi mendengarkan dede murattal, karena abi dan ummi berharap aisya bisa menjadi penghafal quran (setidaknya tidak seperti abi dan ummi yang hanya secuil hafalannya, itupun lupa lupa). Dan abi, ummi merasakan kebahagiaan yang luar biasa pada saat kandungan ummi besar dan pada saat itu aisya udah mulai gerak gerak pas di dalam perut ummi.

Pada usia kandungan ummi sekitar 8 atau 9 bulan lebih, abi dan ummi periksa ke hermina (rutin abi dan ummi lakukan sejak usia kandungan aisya 3 bulan), pada saat dokter periksa teryata air ketubannya di dalam rahim ummi sudah mulai mengering dan terjadi pengapuran dan kata dokter sih ini akan membahayakan aisya, dan ummi belum merasakan tanda tanda untuk melahirkan, sehingga dokter harus memberikanperlakuan dan planing untuk melakukan induksi bahkan rencana caesar (bedah), tapi abi dan ummi selalu berdoa dan yakin bahwa Allah akan memudahkan ini semua… (Sayang nanti kita lanjut lagi yah,, ini udah jam 17.21, sebentar lagi 17.30, waktunya buat abi pulang) sebelum pulang biasanya abi wudhu dulu, agar pas sampe stasiun tidak usah wudhu lagi, dan abi ke stasiunnya jalan supaya bisa olahraga dan hemat hehehe… lumayan sekitar 15 menit abi jalan dari kantor ke stasiun).. cium sayang dari abi…

Kamis, 09 Oktober 2014

 Alhamdulillah abi sudah sampai kantor jam 07.00 pagi ini.. yap sayang, setiap hari abi berangkat setelah sholat subuh, karena abi harus mengejar kereta yang berangkat jam 05.23, karena saat ini abi kerja di LPDP Kementrian Keuangan Jakarta. Yang membuat abi bahagia dan tak terasa lelah adalah, biasanya setiap abi pulang kerja ya sekitar jam 8, 9 atau 10 malam, biasanya aisya sayang bangun dan main sebentar sama abi, dan pagi-pagi abi bangun aisya juga ikut bangun, itu yang membuat abi semangat sayang..

Seperti hari ini dede aisya bangun dan main dulu sama abi, terus antar abi ke depan gerbang buat berangkat, dan tak lupa abi cium berkali-kali, pun dengan ummi biasanya selalu abi cium bahkan abi berusaha untuk memeluk aisya dan ummi beberapa detik.

Right.. abi sekarang mau ceritakan bagaiaman proses ummi berjuang untuk melahirkan aisya sayang, yap waktu itu tanggal 13 Maret 2014, tepat jam 10 malama, ummi merasa mules yang sering dan beberpaa kali mengeluarkan lendir, nah dari tanda tandanya itu melahirkan (karena abi baca dan banyak nanya sebelumnya). Tapi abi gak langsung bawa ke klinik karena masih awal awal.. tapi abi dan ummi sudah mulai siapkan pakaian dan perlengkapan persalinan, termasuk baju pertama yang dede pakai. Pada pukul 00.00 dinihari, akhirnya abi bawa ummi ke klinik di daerah ciampea, aisya mau tau pakai apa? Pakai mobil? Tidak,, abi bawa ummi pakai motor hijau namanya si grimbo,, karena jaraknya dekat dan saat itu kita belum punya mobil hehe (abi selalu berdoa semoga Allah memberikan mobil yang bagus.. aamiin).

Sesampainya di klinik, terus diperiksa oleh bidannya ternyata ummi baru pembukaan 1 (dalam melahirkan ada istilah pembukaan 1 sampai 10), akhirnya abi dan ummi diminta kemabli ke rumah dulu. Besoknya pukul 10.00 abi berangkat lagi bidan karena ummi udah kesakitan, mulesnya sering dan terasa sakit,, ya begitulah proses melahirkan dan perjuangan ummi sayang..

Dari pagi sampai menjelang isya, ternyata ummi belum melahirkan juga sayang.. mentok di pembukaan 3, akhirnya ketika abi sholat isya, ternyata bidan sudah mengambil tindakan dilakukan induksi (induksi adalah memberikan cairan untuk merangsang pembukaan/ melahirkan, dan sakit perutnya dua kali lipat lebih sakit). Alhamdulillah abi berada disamping ummi dari awal sampai akhirnya dede aisya melihat dunia ini.. dan selam proses melahirkan itu abi selalu membisikan pada ummi dzikir, takbir dan ingat kepada Allah serta pasrah atas apapun nanti yang akan terjadi.. Dan saat yang paling membahagiakan adalah saat manusia kecil lahir dan melihat dunia yang begitu indah Allah ciptakan.. (Ahlan anaku sayang Aisya Ayat Alakhras).. namun ternayata itu bukan akhir dari ketegangan abi dan keluarga,, ummi mengalami pendarahan (pendarahan itu ummi mengeluarkan banyak darah dan tidak mau berhenti yang dapat mengakibatkan kematian pada ibu yang melahirkan).. nanti kita lanjut ya sayang.. abi sudah mau masuk jam kerja dan mau bersiap untuk sholat dhuha dulu.. (see you) — to be continued…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: