Posted by: Syarat Makna | November 30, 2008

Jangan Lemah, Masih Banyak Yang Kita Miliki

Adakalanya kelemahan dan keputusasaan itu muncul dalam diri kita, tentu saja karena ada alasan dan satu hal yang membuat rasa itu muncul. Tapi hebatnya adalah, saat kelemahan dan keputusaasaan tiu muncul, seakan ia menjadi pusat kendali dimana kekuatan kita berada dalam genggamannya, ia mampu megubah setiap mata yang bersinar menjadi redup, menjadikan telinga menjadi tertutup, saraf-saraf menjadi tak optimal hingga membuat koordinasi tubuh pun tak seimbang, bahkan tubuh yang begitu kuat pun menjadi begitu tak berdaya, sehingga semuanya menjadi tak begitu baik.

Banyak sekali fenomena yang bisa kita lihat, jangan terlalu jauh kita mencarinya, lihat saja diri kita, berapa kali kelemahan dan keputusasaan itu hadir dalam hari-hari kita, atau mungkin setiap hari kita merasakannya. Disadari atau tidak, ia berpengaruh besar dalam hidup kita, ia mampu membuat senyum menjadi tatapan sinis, ia mampu mengubah kebahagiaan yang seharusnya hadir menjadi hal yang tidak membahagiakan. Saat kita kehilangan sesuatu yang kita sayangi, mendapat nilai yang kurang begitu bagus, atau ketika akademik kita terjun payung (baca: turun) dan hal-hal lain yang tidak pernah kita harapkan.

Sahabat, semuanya memang bisa terjadi pada diri kita, bahkan satu hal yang tidak pernah kita bayangkan sekalipun, harapan terkadang tak seiring dengan kenyataan yang ada. Banyak sekali orang yang bunuh diri, ibu yang membunuh anak-anaknya, anak yang menghabsisi orangtuanya, hanya karena keputusasaan sehingga membuat semuanya tak lagi berarti bagi kita.

Tapi, tahukan sahabat, kelemahan dan keputusasaan itu akan menjadi sesuatu yang kecil dan tak berpengaruh bagi kita, ketika keyakinan san sumber kekuatan yang maha dahsyat itu kita miliki. Ya…kekuatan dan keyakinan itu lahir ada dalam diri kita. Yakin ketika mengahadapi sebuah ujian, bahwa ujian dan masalah yang kita hadapi dan menimpa diri kita, tak sebanding bahkan jauh daripada nikmat yang kita dapatkan. Ketika kita mendapatkan nilai ujian yang tidak bagus, bukankah kaki kita masih mampu berjalan, tangan kita masih lengkap, mata kita masih mampu melihat, nafas kita masih terhembus, darah kitapun masih mengalir, bukankah masih begitu banyak nikmat yang kita miliki, bahkan dunia tidak kiamat ketika nilai kita jelek. Lihatlah jauh ke depan, hidup kita masih panjang, masih banyak jalan yang harus kita pilih dan ditempuh, lihatlah sekeliling kita, masih banyak yang kita miliki, lihatlah mentari yang terbit di pagi hari, begitu semangatnya ia memberikan sinarnya untuk dunia, ia tak pernah bersedih ketika mendung menutupinya, ia tak pernah putus asa ketika hujan menggantikannya, karena ia tahu, mendung itu hanya sesaat dan hujan pun tak akan begitu lama menggatikannya, ia yakin bahwa setelah mendung dan hujan itu,ia akan kembali bersinar utnuk dunia dan seisinya. Andai saja mentari berputus asa, sehingga ia tak lagi taat pada Penciptanya, apa yang akan terjadi pada kta dan dunia ini. Begitupun dengan diri kita, ketika kita berputus asa, maka kita hanya akan menjadi orang yang merugi, karena kita kehilangan banyak hal dan kebaikan yang seharusnya bisa kita lakukan.

Karena itu sahabat, jangan pernah menjadi orang lemah dan berputus asa,sebesar apapun ujian dan masalah yang kita hadapi. Jangan pernah berlari untuk pergi dari ujian yang ada, hadapilah, karena masalah takkan pernah selesai ketika kita lari darinya, justru hanya akan menambah masalah baru dalam hidup kita, jadilah jiwa-jiwa yang tegar dan kuat dalam menghadapi hidup, karena kita masih memiliki Dia Yang Maha Hidup, jangan pernah menjadikan diri kita lemah dimata orang lain, tersenyumlah meski beban berat dibahu kita, meski dunia tak lagi menghiraukan, karena masih ada Dia Yang Maha Dekat, bahkan lebih dekat daripada urat nadi kita. Tatap dengan tegak apa yang ada dihadapan kita, jang pernah menunduk, jadikan semuanya begitu indah, meski tak ada satupun alasan untuk membuatnya indah, yakinlah semua ujian dan masalah yang ada bisa kita hadapi, karena Ia telah menetapkan kadar kemampuan kita dengan ujian yang ada. ” Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya….” . masih banyak hal yang kita lakukan, banyak hal yang kita miliki, maka tegarlah, karena semuanya bisa kita hadapi.

Bumi masih terhampar luas, gunung-gunubng masih tegak berdiiri menjadi pasak, langit masih terbentang tak berujung, begitu banyak pelita yang terang-benderang..jangan lemah, jangan berputus asa.

:::jejaksatria::


Responses

  1. dence (ikutan ophie)..

    kan makin banyak tuh ya buku-buku motivasi yang kini beredar.. kalo menurut azk, deni nulis aja terus dengan tulisan-tulisan semacam ini plus dibikin konsisten dari segi panjang tulisan, jadi semacam bab bertema yang independen lah.. mudah-mudahan suatu saat nanti dapat diterbitkan dan bisa menjadi muara manfaat bagi banyak orang banyak.. amiin.. ^^

  2. agggghhhhh…ophie bawa virus nih…

    hehe….iya zka, deny masih harus belajar benyak nih..
    setiap bulan deny punya target buat tulisan yang masih ada hubungan setiap judulnay,
    rencananya bulan ini 16 judul tulisan harus selesai

    tapi karena lagi pemira, sedikit terhambat euy..heheh..do’akan yak…

  3. amiin.. serius, tulisan deny bagus-bagus banget kok..

    *insya Allah azk punya pandangan cukup baik dalam menilai tulisan seseorang, hehe..

    nah, bismillah den.. ^^

  4. Hohoho….dence aku setuju sama Azka
    ditunggu nih buku pertama dence

  5. hehe…
    buku pertama deni judulnya “nikmatnya pacaran sebelum pernikahan…eleleeeeh…ngaco”…

    do’akan yak… mau kampanye nih di mipa….huhuhu…

  6. iya, iya….
    dibukuin aja, pasti laku.
    Judulnya “Telaga itu Aku”. Kan nyastra banget..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: