Posted by: Syarat Makna | November 13, 2008

Self Development (4 fase penguatan diri)

12 Nopember 2008

::deni-shinichi::

pukul 19.30 WIB

Konsep diri yang seharusnya setiap orang memilikinya akan menjadi sebuah kekuatan yang mampu menjaga keteraturan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, baik secara keinternalan dalam diri kita atau dalam hubungan keseharian dengan lingkungan, mulai dari lingkungan terdekat bahkan yang asing bagi kita. Sebuah konsep yang mejadi kerangka akan terbentuknya sebuah sifat yang nantinya akan menjadi sebuah karakter yang melekat dalam behaviour seseorang, baik atau tidaknya performa yang akan muncul adalah hasil dari konsep diri yang dimilikinya, yang akan terlihat dari aktivitas dan tingkah laku, mulai dari cara berbicara, rangkaian kata yang nantinya akan menjadi sebuah kalimat yang akan diucapkan dan didengar oleh lawan bicara kita, sehingga orang yang berbicara dengan kita mampu menilai seperti apa dan bagaimana performa kita hanya dengan mendengar kata yang kita ucapkan, walaupun memang tidak secara general itu menjadi sebuah parameter. Kita akan bisa membandingkan, antara orang yang sedang lemah semangat dan gairah hidupnya dengan orang yang memiliki semangat dan motivasi yang tinggi, hanya dengan melihat secara dzohir, mulai dari saat dia berbicara, sikap dan lainnya, walaupun kita tidak bisa juga mengatakan bahwa orang yang terlihat diam adalah orang yang tidak punya semangat, atau sebaliknya, orang yang aktif dan banyak berbicara adalah orang yang bersemangat dan mempunyai motivasi yang tinggi. Tapi setidaknya sebagai manusia, kita mampu menilai secara objektif dari dengan sudut pandang yang berbeda, sehingga kesimpulan yang kita ambil bukan hanya sekadar dugaan atau bahkan tebakan.

Kembali kepada konsep diri yang yang sebenarnya harus terus kta kembangkan, karena ia ada bukan hanya kebetulan, tapi ia harus kita kembangkan dan senantiasa di upgrade seperti halnya iman karena konsep diri adalah satu hal yang tdak akan terpisah dari iman yang kita miliki. Oleh karena itu ada satu bagian yang sangat penting yaitu konsep self development, dimana pada bagian inilah kita mengeksplor dan mengembangkan diri, self development ini adalah fase awal dalam terbentuknya konsep diri yang baik. Ada beberapa tahapan atau fase dalam self development ini yaitu Zero Process, Self Discovering, Self Motivation, Self Energizing dan pada fase akhir akan tercapainya Peak Performance.

Zero Process. Pada fase ini kita merenungkan hakikat hidup kita, untuk apa kita diciptakan, sudah berapa lama kita hidup dan kemana saja kita bawa diri kita, bagaimana hubungan kita dengan sang Pencipta, fase ini menjadikan semua yang ada dalam hati dan diri kita untuk kembali kepada fitrah, layaknya secarik kertas putih yang belum tergores tinta, kita menzerokan semuanya, sehingga kita menyadari akan hadirnya dan pengawasan sang Khalik, yang akhirnya menjadikan kita memahami arti kehidupan yang dikaruniakannya, pada fase ini pulalah kita mencoba menginternalisasikan sifat-sifat Allah yang baik (asmaul husna) pada diri dan tingkah laku kita. Fase ini memerlukan waktu khusus, agar mampu benar-benar meresap dalam diri kita, bukan berarti hanya dalam satu waktu saja, akan tetapi harus terus dilakukan.

Self Discovering. Satu tahap dimana kita mampu mengeksplor lebih dalam tentang diri kita,bagaimana sikap kita, seberapa banyak kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, Karena terkadang kita sulit mengetahui dan memahami apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki, tapi anehnya kita lebih tahu kelebihan dan kekurangan orang lain. Pada fase ini kita harus benar-benar mampu mengenali diri kita, atau sering kita sebut menemukan jati diri. Tapi yang harus kita fahami bersama adalah, ketika kita ingin mengenali dan mengetahui jati diri kita, tidak ada jalan lain kecuali kita harus terlebih dahulu mengetahui dan mengenali siapa yang menciptakan kita, karena itu proses mengenali Pencipta (ma’rifatullah) ini dicapai pada fase yang pertama, zero process.

Self Motivation. Setelah kita mengetahui hakikat sang Pencipta, hakikat hidup yaitu bagaimana kita memahahi utnuk apa kita diciptakan, dan juga mampu mengenali diri serta memahami kemana tujuan akhir perjalanan hidup kita nantinya, maka akan ada sebuah kekuatan yang akan mempengaruhi behaviour dan hidup kita, akan ada sebuah optimisme dalam memandang kehidupan, keyakinan akan adanya balasan terbaik ketika berbuat yang baik, keyakinan akan kehadiran sang Khalik disetiap aktivitas, dan pertolongannya yang begitu dekat. Maka muncullah dengan apa yang dinamakan self motivation, yaitu motivasi yang muncul dalam diri kita, yang memiliki pengaruh yang luar biasa pada performa hidup kita.

Self Energizing. Ini akan muncul ketika self motivation mampu kita capai, itu artinya motivasi dan semangat inilah yang sebenarnya menjadi sumber kekuatan (power) yang dahsyat dalam diri, karena dengan adanya semangat dan motivasi yang besar menjadikan kita percaya akan kemampuan diri, keyakinan bahwa setiap masalah dan ujian pasti akan bisa diselesaikan, karena kita sudah tahu dan yakin hakikat sang Pencipta yaitu Allah SWT dan firman yang disampaikan-Nya dalam surat Al-baqarah:286, “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya… “.

Dari semua fase di atas yang telah dipaparkan, maka fase terakhir yang merupakan hasil dari rangkaian proses tadi adalah peak performance, yaitu puncak penampilan kita di setiap aktivitas, yang terlihat dari cara berbicara, menatap kehidupan, memandang sebuah masalah, dan tentunya behaviour kita terhadap lingkungan kita, tentunya akan mampu menjadikan diri kita sebagai orang yang semangat, mempunyai motivasi yang besar sehingga kita mampu memotivasi orang lain, optimis dalam mengahadapi sebuah masalah dan ujian, yang kesemuanya itu akan nampak dan terlihat oleh orang disekitar kita dengan performance yang kita tampilkan. Wallahualam, semoga kita bisa menggapainya, sehingga kita menjadi orang-orang yang luar biasa.


Responses

  1. Nice post… Hehehe…

    Shinichi: yupz..hehe..chhs who are you?

  2. panjang nian…..

  3. Yah … luar biasa.. Seharusnyalah kita bisa menjadi luar biasa. Karena apa, kita tercipta secara luar biasa dan menjalani kehidupan yang luar biasa..
    Nice post man… Mari kita berubah, agar kita bisa menjadi luarbiasa…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: